Rabu, 25 Juni 2014

Bagi anda yang tidak mempunyai kebun sendiri tetapi ingin merasakan bagaimana memanen berbagai jenis buah, Kebun Buah Mangunan adalah pilihan yang tepat untuk berlibur. Destinasi wisata yang terletak di Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta ini mempunyai banyak jenis pohon buah-buahan sekaligus pemandangan dan suasana sejuk.
Sungai Oyo dari Kebun Buah Mangunan
Sungai Oyo dari Kebun Buah Mangunan

1. Kebun Buah
Kebun Buah Mangunan terletak di ketinggian 1000 meter di atas permukaan laut (dpl) di gugusan pegunungan Imogiri. Saat berada di puncak bukit kita akan melihat pemandangan indah lekukan Sungai Oya dan muara di pantai Parangtritis. Akses menuju bukit tersebut terdapat dua jalur, yaitu motor dan berjalan kaki. Untuk menikmati perjalanan menuju bukit gardu pandang pilihlah jalur bagi pejalan kaki, di jalur ini kita bisa menikmati rute batuan purba yang berserakan pada bukit ini.

Ada beberapa area yang bisa memanjakan para wisatawan, di antaranya kebun durian, kebun rambutan, kebun jambu air, kebun jambu dresoni, kebun jeruk, panorama alam puncak, dan penangkaran rusa. Tidak hanya sekedar memanen buah, Kebun Buah Mangunan juga memberikan wisata edukasi untuk pelatihan budidaya pertanian holtikultura, pelatihan pembuatan pupuk organik, cangkok tanaman, cara bercocok tanam, hingga riset atau penelitian.
Durian Mangunan
Durian

2. Fasilitas
Untuk di area bawah, Kebun Buah Mangunan memiliki fasilitas cukup beragam melakukan kegiatan luar ruang seperti, aula besar (300 orang), aula sedang (100 orang), pendopo (2 tempat), gazebo, joglo, mushola, area kemah (3 tempat) kolam pemancingan (1 tempat), kolam renang anak-anak (2 pool), area outbond, sarana outbond (flying fox, reflying, dll), pondok inap (2 pondok), kamar mandi, parkir luas, kebun aneka buah, peternakan, camping ground 1 Ha dan Arena bermain anak.

Sumadi menjelaskan, ada beberapa area yang bisa memanjakan para wisatawan, di antaranya tiga area perkemahan, kebun durian, kebun rambutan, kebun jambu air, kebun jambu dresoni, kebun jeruk, panorama alam puncak, dan penangkaran rusa.

3. Lokasi
Kebun buah yang terletak di Desa Mangunan, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Kebun Buah Mangunan dapat dicapai dengan menempuh perjalanan sekitar satu jam dari pusat kota Jogja. Jika anda dari Kota bantul sekitar 15 Km dan 35 Km dari pusat Kota Yogyakarta. 

Akses menuju tempat wisata ini cukup mudah, apabila dari kota Yogyakarta, langsung saja menuju Jalan Imogiri Timur (Terminal Bis Giwangan) terus saja ke selatan.  Setelah sampai di Kecamatan Imogiri kemudian mengambil jalur Imogiri – Dlingo (lihat plang petunjuk jalan), sekitar 5 kilometer kemudian akan dijumpai Balai Desa Mangunan, nah di situ ada petunjuk arah menuju ke lokasi Kebun Buah.

Baca juga: Wisata Mainan Tradisional di Kampung DolananWisata Religi di Kompleks Makam Raja Mataram

0 komentar:

Posting Komentar