Kamis, 26 Juni 2014

Untuk perjalanan jarak jauh, menggunakan transportasi pesawat terbang dapat menjadi pilihan prioritas karena lebih cepat dan mudah. Akan tetapi dari segi harga, tiket pesawat biasanya lebih mahal daripada transportasi lain seperti bus, kereta, atau kapal laut. Tetapi, ada beberapa tips membeli tiket pesawat yang murah, berikut caranya.
tiket pesawat murah pro travelista
Pesawat Terbang
1. Pesan Jauh-jauh Hari
Apabila anda memesan tiket pesawat mendekati hari Keberangkatan maka tiket bisa sudah habis atau harganya sangat mahal. Semua maskapai penerbangan akan menaikan harga tiket apabila sudah dekat dengan tanggal keberangkatan. Untuk itu, rencanakan perjalanan anda dengan segera dan pesat tiket sesegera mungkin juga.

2. Pantau Harga Tiket
Harga tiket tiap maskapai berbeda-beda, kadang naik, kadang turun. Dari segi waktu, harga tiket pesawat terus berubah dalam waktu yang relatif singkat, oleh karena itu anda harus bersabar dan sering-sering mengecek harga tiket. Harga tiket pesawat berubah tidak dalam hitungan hari, tapi dalam hitungan jam. Pantau juga beberapa maskapai penerbangan dan bandingkan dengan teliti dan sabar. Ada beberapa maskapai yang menawarkan tiket relatif murah. Maskapai luar yang dapat menjadi pilihan adalah Air Asia, Jet Star, Mandala Tiger Air, dan Cebu Pacific Air. Untuk maskapai penerbangan lokal ada Lion Air dan Citilink.
 
Pantau harga tiket
Pantau Harga Tiket
3. Bandara
Bandara pilihan penerbangan juga menentukkan harga tiket. Cobalah untuk menggunakan bandara lain yang dekat jika harganya lebih murah. Misalnya apabila anda berada di Yogyakarta, anda bisa mencoba mencari penerbangan dari Solo.

4. Waktu
Hari di mana semakin banyak permintaan, maka harga tiket pesawat akan semakin mahal, dan sebaliknya. Carilah penerbangan hari dan waktu yang kurang padat, misalnya hari selasa dan rabu. Tiket pada hari Jumat, Sabtu, dan Minggu relatif mahal karena banyak orang berangkat dan pergi berwisata.

Jam penerbangan juga sangat berpengaruh pada harga tiket pesawat, misalnya apabila anda memilih waktu terbang hari Minggu pagi, tentu saja akan lebih murah dari pada jam terbang Minggu malam. Hal ini disebabkan karena pada hari Minggu pagi, normalnya orang sedang menikmati waktu liburannya, dan mereka lebih memilih pulang malam agar mempunyai banyak waktu di tempat wisata yang mereka pilih. Begitu pula dengan waktu berangkat, apabila anda berangkat pada hari Sabtu tengah malam, tentu saja akan lebih murah dari pada bila anda berangkat pada hari Sabtu pagi, karena anda akan rugi waktu berwisata.
 
tips beli tiket pesawat
Tiket Pesawat
5. Online
Buka situs web maskapai penerbangan secara rutin untuk mengetahui promo yang ditawarkan, pesan dan belilah tiket secara online, jangan membeli tiket di bandara karena biasanya harganya jauh lebih mahal. Ada beberapa situs online yang melayani penjualan tiket pesawat yang murah.

6. Daftarkan Email Anda ke Berbagai Maskapai Penerbangan
Saat email anda dihubungkan dengan maskapai penerbangan maka anda akan mendapat informasi penawaran promo yang pastinya lebih murah. Jika promo yang diberikan sesuai dengan tujuan anda, maka segeralah pesan dan beli tiketnya sebelum dibeli orang lain.

7. Media Sosial
Apabila anda suka menggunakan media sosial seperti facebook dan twitter, sebaiknya anda melakukan like dan follow pada maskapai yang sering membuat promo tiket pesawat murah sehingga anda bisa langsung dengan cepat mengetahui apabila sedang ada promo.

8. Beli tiket sekali jalan atau One way
Mungkin terkadang kita bisa mendapatkan tiket murah dengan cara membeli sekali jalan walaupun cara ini tidak selalu tepat, kita bisa cek dan bandingkan harga untuk pulang pergi dengan harga sekali jalan, jika harga sekali jalan lebih murah anda bisa coba dengan cara ini, berangkat dengan maskapai A dan pulang dengan maskapai yang lain hal ini juga dapat memberikan pengalaman yang semakin mengasyikkan.

Baca juga: 10 Tips Aman Menggunakan Kereta ApiRute Bus Jawa Tengah Jawa Timur

0 komentar:

Posting Komentar