Sabtu, 12 Juli 2014

Kereta api dapat menjadi pilihan transportasi yang cepat dan murah untuk perjalanan jauh. Sebagai transportasi umum tentu anda akan banyak bertemu dan berinteraksi dengan berbagai macam orang saat menaiki kereta api. Di mana ada banyak orang maka potensi terjadinya kriminalitas semakin besar sehingga anda harus bisa menyiasati dengan baik agar perjalanan aman tanpa hambatan. Ada beberapa tips agar anda aman menggunakan kereta api.

Tips Menaiki Kereta Api
Tips Menaiki Kereta Api
1. Membeli Tiket Pergi dan Pulang
Kereta api saat ini peminatnya sangat banyak gan, jadi tiketnya sangat cepat habis, apalagi pada masa-masa liburan. Bagi agan-agan yang ingin berlibur (terutama liburan jangka pendek) belilah tiket untuk pergi dan pulang. Tujuannya jelas, agar agan tidak kehabisan tiket pulang. Oleh karena itu, persiapkan perjalanan dengan baik dan teliti ya gan, agar liburan tidak malah menambah masalah.

2. Datanglah ke stasiun tepat waktu
Kereta api tidak akan menunggu anda yang datang terlambat. Saat waktunya berangkat dan anda belum ada di gerbong, wassalam,, anda hanya bisa meringis menyesal. Oleh sebab itu gan, sediakan waktu lebih untuk perjalanan ke stasiun, apalagi perjalanan di kota besar semacam Jakarta.

3. Membawa Barang dan Uang secukupnya
Zaman sekarang udah modern, simpan uang agan di ATM saja. Bawa uang secukupnya sebagai uang jaga-jaga jika ada kebutuhan yang mendesak. Barang yang agan bawa juga sebisa mungkin jangan terlalu banyak karena akan merepotkan agan sendiri. Belajarlah membuat skala prioritas sehingga hanya barang-barang yang penting saja yang agan bawa dalam perjalanan.

4. Pakailah Pakaian Nyaman dan Sopan
Ini hal penting gan, selalu gunakan pakaian yang nyaman sekaligus sopan. Jangan sekali-kali pakai rok mini ato lekton (keleke keton) di dalam kereta karena akan memancing tindak kriminalitas. Gunakanlah pakaian yang sesuai dengan keadaan lingkungan. Jaket biasanya menjadi hal yang sebaiknya di bawa karena dapat menjadi penghangat saat suhu udara menjadi dingin.

5. Selalu Waspada
Selalu pasang mata agan-agan, sadarlah bahwa agan berada di tempat yang sangat rawan kriminalitas. Jaga selalu diri dan barang bawaan agan dari tangan-tangan jahil. Bukan berarti agan harus berdiri mententeng di dalam kereta lohh!! Cukup pasang mata dan telinga terhadap situasi sekitar agan, jadi jika ada apa-apa, langsung ciat-ciat-ciat,, :D
,
6. Taruh tas di Depan Badan
Jika agan pernah liat orang yang naruh tas di depan itu bukan buat gaya-gayaan, tapi untuk mengawasi dan menjaga barang bawaan. Saat tas di letakkan di punggung maka akan lebih mudah bagi para pencopet dan pencuri mengambil barang kita.

7. Jangan Berjauhan dengan Teman
Saat agan melakukan perjalanan bersama teman, itu adalah suatu keuntungan. Agan akan relatif lebih aman karena dapat saling menjaga dan melengkapi. Usahakan jangan berjauhan dari teman sehingga dapat selalu berkomunikasi satu sama lain.

8. Gunakan Alarm jika ingin tidur
Jika agan merasa lelah dan ingin tidur di dalam kereta buatlah jam alarm agar nantinya tidak terlambat turun di lokasi tujuan. Buatlah alarm paling tidak satu jam sebelum jadwal kereta sampai di terminal tujuan.

9. Barang Berharga Masukkan ke Dalam Tas
Dompet dan handphone yang dimasukkan ke dalam tas akan lebih susah dicopet daripada jika diletakkan di dalam kantong saku.

10. Berdo’a kepada Tuhan YME
Berdo’alah dan selalu ingat kepada Tuhan YME. Acara liburan anda jangan sampai menjadi alasan untuk meninggalkan ibadah.

Baca juga: Tips Membeli Tiket Pesawat Murah, Rute Bus Jawa Tengah Jawa Timur

1 komentar:

  1. Titanium White Wheels & Handmade T-Shirts for Men
    T-Shirt stainless steel vs titanium apple watch featuring nano titanium babyliss pro the perfect combination of titanium titanium cup and titanium easy flux 125 amp welder white for men. Available in a great amount of colours. titanium symbol

    BalasHapus