Sabtu, 12 Juli 2014

Jawa Tengah dan Jawa Timur merupakan provinsi yang mempunyai banyak atraksi wisata yang menarik. Naik bus akan memberikan pengalaman berkesan. Berikut adalah rute bus Jawa Tengah Jawa Timur.

1. Semarang-Surabaya
Rute dari Semarang ke Surabaya merupakan rute bus yang sangat ramai dan padat. Rute ini beroperasi 24 jam sehari dan 7 hari seminggu. Jadi jam berapapun agan ke terminal ato nongkrong nunggu di pinggir jalan, rute ini selalu ada. Perusahaan bus yang beroperasi di rute ini adalah Jaya Utama, dan Sinar Mandiri. Agar perjalanan agan aman dan nyaman sebaiknya langsung ke terminal. Terminal di Semarang adalah Terminal Terboyo, kalau di Surabaya namanya Terminal Purabaya alias Terminal Bungurasih. Kota yang dilewati rute ini adalah Semarang - Demak - Kudus - Pati - Rembang - Tuban - Lamongan - Gresik - Surabaya. Waktu tempuh di siang hari sekitar 9 jam, dan untuk malam hari bisa cuma 7 jam.

Ada dua jenis bis yang beroperasi, yaitu kelas ekonomi dan kelas patas. Kelas ekonomi jelas lebih murah tapi siap-siaplah berdesak-desakan saat bus penuh. Bus ekonomi mempunyai konfigurasi 2-3 jam sekali. Kisaran tarif adalah Rp 40.000 sesuai dengan jauhnya jarak perjalanan. Jika agan ingin mendapatkan kenyamanan lebih maka bus patas bisa menjadi pilihan. Tapi agan akan mendapat fasilitas yang sesuai, bus ber-AC, kursi seat 2-2 dan makan satu kali untuk perjalanan jauh.
2. Yogyakarta-Surabaya
Rute Yogyakarta-Surabaya juga merupakan rute sibuk dengan pilihan waktu 24 jam sehari dan 7 hari seminggu. Ada dua perusahaan besar yang menangani rute ini, yaitu Kencono Grup (Sumber Selamat dan Sugeng Rahayu) dan Mira Grup (Mira Ekonomi dan Eka Eksekutif). Kota-kota yang dilewati bus-bus rute ini adalah Yogyakarta - Klaten - Solo - Sragen - Ngawi – Nganjuk - Madiun - Jombang - Surabaya. Pemberhentian bus akhir di Surabaya adalah di Terminal Bungurasih, sedangkan di Yogyakarta adalah Terminal Giwangan. Bus ekonomi rute ini istimewa karena busnya ber-AC dan harganya bersaing. Kelas ekonomi kurang lebih Rp 45.000 dengan durasi perjalanan 9 jam jika siang hari dan 7 jam jika malam hari.

Tarif bus Eksekutif Eka kurang lebih Rp 83.000, sudah termasuk makan di salah satu restoran di Ngawi plus air mineral saat perjalanan. Makanannya pun bisa milih antara pecel, ayam goreng, atau nasi rawon, sudah termasuk dengan minum teh panas. Kalau lagi gak pengen makan, bilang aja sebelum berangkat maka akan ada pengurangan harga Rp 10.000.
3. Yogyakarta-Semarang
Rute yang satu ini lumayan ekstrim dengan tikungan naik turun pegunungan. Karena Situasi fisik lahan yang seperti ini membuat perjalanan menjadi sedikit lebih lama. Perusahaan yang menyediakan rute ini adalah Nusantara dan Ramayana, dan juga masih banyak bus lain yang ekonomi. Kota yang dilewati jalur ini antara lain Yogyakarta - Magelang - Ambarawa - Ungaran - Semarang. Tarif bus PATAS kurang lebih Rp 40.000 dengan fasilitas kursi empuk, konfigurasi kursi 2 2, dan tentunya ber AC. Uasekkkk!!! Bus rute ini beroperasi dari pagi hingga malam sekitaran pukul 6.

Salam Pro Travelista

Baca juga: 10 Tips Aman Menggunakan Kereta Api

0 komentar:

Posting Komentar