Selasa, 24 Juni 2014

Angkringan merupakan bagian dari keiistimewaan Daerah Istimewa Yogyakarta. Kota pelajar, budaya, wisata, dan religi ini memiliki kesederhanaan, salah satunya disimbolkan oleh angkringan. Wisata kuliner angkringan sangat terjangkau bagi anda yang sedang mengalami krisis keuangan. Wisata ini juga cocok bagi anda yang gemar menikmati suasana malam Jogja yang damai dan menyejukkan. Berikut adalah lokasi angkringan yang paling rame dan terkenal di Jogja:
Angkringan Pak Jabrik
Angkringan Pak Jabrik

1. Angkringan utara stasiun tugu.
Beberapa penjual angkringan berjejer disana dengan tempat makan lesehan di trotoar jalan.Yang terkenal disini adalah kopi jos Lek Man dimana arang bara yang menyala dicelupkan di kopi tubruk sehingga terdengar bunyi jos di gelas

2. Angkringan Nganggo Suwe
Berlokasi di pertigaan jalan Pramuka dan Jalan Mondokaran Kotagede. Angkringan ini menjual relatif lebih lengkap makanan di salah satu space bangunan di pertigaan jalan. Yang khas disana adalah sate keong, nasi bakar, oseng keong, es asem, es jahe dan macam-macam baceman yang lezat.

3. Angkringan di Jalan Dewa Nyoman Oka, Kotabaru
Beberapa angkringan berjajar disana dengan banyak sekali kaum muda bersantai sambil melihat pemandangan lembah code di malam hari.

4. Angkringan depan kolam renang UNY
Di angkringan ini harga relatif lebih murah dengan makanan yang lebih bermutu. Sekitar pukul 8 malam akan ditemui banyak sekali motor dan mobil berjajar untuk jajan di angkringan ini.

5. Angkringan Pak Jabrik
Agkringan pak Jabrik, berlokasi di halaman kantor Harian Kedaulatan Rakyat jalan Mangkubumi kawasan Malioboro Tugu. Setiap malamnya angkringan ini selalu ramai pengunjung, yang kebanyakan adalah anak muda.  Gerobak angkringan berada di trotoar jalan Mangkubumi berbagi dengan areal parkir motor, namun tidakah sesak karena trotoar jaLan Mangkubumi tipikalnya sama dengan Malioboro yang lebar. Pelanggan angkringan bisa duduk menempati beberapa kursi taman yang ada di trotoar jalan, selain kursi gerobak angkringan dan teras kantor Kedaulatan Rakyat.

Karena tempat yang luas, angkringan ini memang cocok kalau untuk nangkring ramai-ramai.  Menu yang ada adalah standar menu angkringan, nasi kucing dan berbagai macam kue dan gorengan, serta lauk pendamping nasi kucing. Satu mungkin yang agak berbeda, lampu di teras kantor Kedaulatan Rakyat cukup terang, berbeda dengan umumnya angkringan yang biasanya mempunyai penerangan dengan lampu kuning yang agak redup. Mungkin beberapa orang tidak suka nangkring dengan penerangan yang lebih seperti di sini, apapun itu angkringan ini merupakan salah satu angkringan yang selalu ramai pelanggan setiap malam. Buka dari jam 4 sore sampai jam 2 malam.

6. Angkringan Kali Code
Angkringan Kali Code
Angkringan Kali Code
Di sudut kota jogja terkenal sebuah tempat nongkrong bernama angkringan kali code. Bukan nongkrong di kali maksudnya. Angkringan ini terletak di pinggir sepanjang kali code yogyakarta. Untuk lokasinya sangat strategis, wajar makanya setiap malem angkringan ini selalu ramai dikunjungi oleh orang terutama anak muda. Rata-rata mereka disana hanya ingin nongkrong, sharring pikiran dengan teman, ataupun bermain kartu (tapi bukan judi loh). Warung di kali code mulai bermunculan sekitar tahun 2004. Ada sekitar 14 warung yang berdiri di sekitar kali code.

Menu spesial dari warung ini adalah kopi joss dan teh poci. Sedangkan makanan biasanya indomie, roti bakar, pisang,dan kentang. Harga yang ditawarkan untuk segelas kopi joss adalah Rp 2.000, sedang teh poci bisa dinikmati dengan Rp 4.000. Minuman lainnya seperti es teh, es jeruk pun ditawarkan rata-rata seharga Rp 1.500.

Baca juga: Angkringan, Simbol Kesederhanaan JogjaMakan Enak di Nasi Uduk Bu Bibit Jalan Monjali, Yogyakarta

0 komentar:

Posting Komentar