Rabu, 13 Januari 2016

Islandia adalah negara yang pembentukkannya unik. Negara ini lahir dari aktivitas vulkanisme (gunung api). Bayangkan, negara sebesar itu, hampir semuanya karena gunungapi yang tumbuh dari dasar benua, waaaaww. Berikut 12 Fakta Menarik Negara Gunung Api Islandia:

Erupsi Islandia
Erupsi Islandia
1. Islandia adalah salah satu tempat gunungapi paling aktif di dunia
Negara islandia memiliki 150-200 gunung api, baik yang aktif maupun sedang istirahat. Hal ini disebabkan retakan lempeng tektonik antara lempeng Amerika dan Eurasia. Dari celah lempeng keluarlah magma yang menjadi bahan bakar pembentukkan gunung api. Sumber yang sama membentuk pulau Hawaii dan Reuninon, tetapi islandia adalah yang paling besar.

2. Islandia terbagi ke dalam 2 gunung api
Islandia bagian timur adalah bagian dari lempeng Eurasia, sedangkan barat adalah bagian lempeng Amerika. Batas kedua wilayah ini tumbuh subur banyak gunungapi yang memenuhi sebagian besar wilayah ini.

3. Gunung api islandia bergerak ke arah timur
Terdapat kurang lebih 13 gunung api yang masih aktif dan selalu bererupsi di islandia. Secara berlahan tapi pasti, gunung api berjalan dari arah barat ke timur. Jika kamu bisa kembali ke 200 tahun lalu, maka kebanyakan gunung api berada di barat laut, sedangkan sekarang mengarah terus ke arah timur.

4. Sejak tahun 1500, Islandia memiliki sepertiga dari seluruh lava di bumi
Aktivitas vulkanis di negara ini sangat agresif sehingga banyak lava yang dikeluarkan oleh gunungapi. Bahkan pada 250 tahun lalu, sempat terjadi erupsi selama hamir 6 bulan yang menumpahkan 85 km2 lava yang mampu menutupi pulau madura, wawww,

Lava Erupsi Islandia
Lava Erupsi Islandia
5. Erupsi terbesar yang pernah terjadi adalah erupsi Laki
Gunung api Laki berada di selatan. Saking dasyatya erupsi gunung ini, hanya dalam 50 hari mampu menghasilkan lava sebanyak 370km2, jumlah yang sangat mengagumkan sekaligus mengerikan.
Debu hasil erupsi ini membuat langit eropa menjadi gelap selama beberapa tahun. Langit yang gelap menjadi bencana karena tumbuhan dan hewan tidak dapat tumbuh optimal. Terjadilah kelaparan eropa yang membuat banyak warga meninggal. Pada masa itu, banyak penduduk islandia yang diungsikan ke Jutland agar jumlah korban tidak terus bertambah

6. Gunung api paling terkenal di islandia adalah  Eyjafjallajökull (dibaca: Eyja-fjalla-jö-kull)
Nama yang lumayan susah untuk diejakan, tetapi gunung api ini mendadak terkenal karena erupsinya sempat membuat banyak maskapai eropa kuwalahan. Banyak penerbangan yang batal dan ditunda akibat erupsi gunung ini.

Peta Islandia
Peta Islandia
7. 99% permukaan islandia terbuat dari batuan vulkanik
Batuan vulkanik adalah batuan hasil dari pembekuan magma gunung api. Berbeda dengan belahan dunia lain yang permukaan didominasi batuan sedimen, islandia hampir seluruhnya terbentuk dari batuan vulkanis dengan umur batuan yang sangat muda. Umur batuan tertua yang pernah dicatat adalah 20 juta tahun lalu.

8. Pertama kali manusia melihat pembentukkan pulau gunung api secara langsung
Pada 14 november 1963 terjadi erupsi 130 meter di bawah permukaan laut yang dinamakan erupsi Suntsey. Erupsi di bawa laut itu terus menjulang muncuk ke permukaan laut dan membentuk pulau Surtsey dekat kepulauan Westman.
Kejadian ini sangat luar biasa dan menobatkan pulau Sunstsey sebagai pulau termuda di bumi sekaligus sebagai daerah paling selatan negara Islandia.

9. Rata-rata aliran panas di islandia adalah 175-300mW/m2
Rata-rata aliran panas bumi adalah 65mW/m2, itu berarti islandia mempunyai kelipatan empat dari rata-rata bumi.

10. Di islandia bisa terjadi erupsi di bawah glasial es
Saat magma keluar dari gunungapi yang tertutup es maka akan langsung membeku menjadi gelas obsidian yang transparan.

11. Semua bentuk arsitektur hasil gunung api terdapat di islandia
Bentuk seperti gunung api perisai, strato/kerucut, atau maar/berkawah semua terdapat di negara ini

12. Gunung api Hekla pada masa pertengahan disebut sebagai Pintu Gerbang Menuju Neraka
Erupsi yang terus menerus memuntahkan lava panas membuat gunung api ini bak neraka kecil yang muncul di bumi

Dengan segala keadaannya, Fakta Menarik Negara Gunung Api Islandia menjadi salah satu keajaiban alam di bumi.

0 komentar:

Posting Komentar